150 Siswa Sekolah Dikantara Jakarta Utara Kunjungi Kapal Legendaris TNI AL

Jakarta (wartasas.com) – Dalam rangka mengenal lebih dekat dengan dunia maritim, 150 siswa dari Yayasan Sekolah Dikantara Jakarta Utara terdiri dari SMK Tanjung Priok 1, SMK Tanjung Priok 2, dan SMA Tanjung Priok mengunjungi Kapal Legendaris TNI AL KRI Dewa Ruci yang sedang sandar di Pelabuhan JICT 2 Tanjung Priok.

Didampingi Kepala Sekolah dan Guru Pembimbing para siswa yang mengunjungi KRI Dewa Ruci pada Rabu, 08 Agustus 2018 disambut hangat oleh Komandan Dewa Ruci yaitu Letkol Laut (P) Waluyo.

Komandan Dewa Ruci dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh siswa-siswi bahwa kunjungan ini bisa dijadikan motivasi dan semangat kalian untuk bergabung bersama TNI Angkatan Laut. Dan terbuka kesempatan seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik Indonesia apabila bergabung dengan TNI AL akan mendapatkan kesempatan keliling dunia dengan KRI Bima Suci atau KRI Dewa Ruci yang merupakan kapal pendahulunya.

“Kapal ini merupakan kapal yang biasa digunakan sebagai kapal layar latih Taruna AAL, disamping sebagai kapal latih kapal ini juga difungsikan sebagai ajang diplomasi serta memperkenalkan kesenian melalui tari dan musik maupun memperkenalkan makanan khas Indonesia yang disuguhkan kepada bangsa lain pada saat pelayaran muhibah keluar negeri,” tutur Komandan dihadapan para siswa siswi, Rabu,(08/09/18).

Dikesempatan tersebut, para siswa dan siswi juga diajak melihat film tentang KRI Dewa Ruci, setelah itu perwira-perwira kapal memberikan pengenalan tentang sejarah kapal, karakteristik umum kapal dan juga memberikan pembekalan tentang kebaharian serta kemaritiman.

“Karena bangsa Indonesia ini sebagian besar merupakan lautan dan kita semua wajib menjaganya,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri kunjungan sebagian siswa SMK jurusan mesin diajak melihat ruang mesin kapal untuk dikenalkan tentang mesin kapal Dewa Ruci yang diakhiri dengan pemberian cindera mata kepada Pembina Yayasan Dr. Suprawito, M.Si. (Ang/Tls)