SERTIFIKASI MASSAL SWADAYA ( SMS )

Surabaya – Sertifikat tanah merupakan salah satu dokumen penting yang menjadi bukti sah kepemilikan aset tanah. Proses pengurusan sertifikasi tanah selama ini menjadi momok bawi warga. Melihat hal tersebut, Kementerian Agraria dan Tata Ruang meluncurkan program sertifikasi massal swadaya. Bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya melalui Bagian Pemerintahan, sosialisasi hari pertama digelar di Graha Sawunggaling, Senin (10/10).

 

 

 

 

 

Drs. Edi Christijanto, M.Si. Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah mengungkapkan bahwa untuk sosialisasi hari pertama tersebut diundang warga dari Kecamatan Sukomanunggal dan Kecamatan Dukuh Pakis. Program dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang ini bertujuan untuk mendaftar dan mendata tanah masyarakat yang ada di Surabaya. Nantinya pemkot akan melakukan koordinasi dengan BPN 1, BPN 2, Kejari Surabaya, Kejari Tanjung Perak, Polrestabes, Polres Tanjung Perak, Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama untuk mengawal jalannya program ini

 

 

 

 

 

Taget sosialisasi program dengan nama Sertifikatkan Surabaya ini adalah seluruh ketua LKMK, RT/RW, Camat danan Lurah se Surabaya. sosialisasi tersebut akan dilangsungkan selama 18 hari hingga 28 Oktober. Harapannya forum ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya terkait kepengurusan sertifikat tanah.

 

 

 

 

 

Kepala Badan Pertanahan Negara 1, Bambang Priono, mengungkapkan dari program ini harapannya seluruh tanah yang ada di Surabaya dapat tersetifikasi dan terdata dengan baik. Nantinya di setiap kelurahan akan ada ruang tersendiri bagi petugas BPN untuk warga dapat mengurus secara langsung. Kepengurusan setifikat tanah ini bebas pungutan diluar yang telah ditentukan dan biaya kepengurusan terjangkau bagi warga.  (http://pemerintahan.surabaya.go.id/)

Add a Comment