Kagumi Tanda Kebesaran Alloh, Umat Muslim Laksanakan Sholat Gerhana Bulan

Surabaya (wartasas.com) – Moment langka peristiwa lunar yang terjadi secara bersamaan yaitu  supermoon, blue moon, dan gerhana bulan total kembali dapat disaksikan oleh masyarakat diseluruh dunia. Supermoon sekaligus blue moon menjadi spektakuler karena fenomena ini berbarengan dengan peristiwa lunar lainnya yaitu gerhana bulan total.

Hal ini membuat bulan nampak terlihat lebih indah. Karena, supermoon sekaligus blue moon ini akan melewati bayangan (umbra) bumi sehingga menjadikan gerhana bulan total dan bulan akan berwarna kemerahan atau oranye seperti tembaga sehingga diberi julukan blood moon.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mencatat fenomena ini baru terulang dalam kurun waktu 150 tahun. Berdasar data BMKG, kawasan Indonesia yang menjadi lokasi terbaik untuk mengamati fenomena Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon di Indonesia terbentang dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga daerah sebelah barat Sumatera.

Kejadian langka ini karena tiga peristiwa lunar itu belum terjadi lagi sejak 150 tahun silam. Fenomena ini tercatat terakhir kali muncul pada 31 Maret 1866. Dengan merangkum tiga peristiwa lunar trifecta yang terjadi bersamaan pada 31 Januari 2018 ini, muncullah istilah super blue blood moon. Artinya, gerhana bulan total akan mengubah supermoon kedua di bulan Januari atau blue moon ini menjadi blood moon yang berwarna oranye atau merah kecoklatan seperti tembaga.

Untuk wilyah Indonesia, masyarakat dapat menikmati fenomena langit ini pada Rabu malam sekitar pukul 20.29 wib, 21.29 wita  dan 22.29 wit, 31 Januari 2018.

Peristiwa seperti ini selalu disyukuri oleh umat muslim diseluruh dunia, termasuk umat muslim yang berada di Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh umat muslim yang berada di Kota Surabaya. Ribuan umat muslim bersam sama melaksanakan Sholat sunah gerhana bulan (Khusuf) sebagai wujud syukur atas nikmat dan anugerah yang telah diberikan oleh Allah SWT di Masjid Nasional Al Akbar yang berada di Kota Surabaya.

Usai melaksanakan Sholat sunah gerhana bulan (Khusuf), ribuan warga menyaksikan indahnya gerhana bulan bersama sama di halaman masjid Al Akbar. Ada yang menyaksikan secara langsung dengan mata kepala, ada yang menggunakan HP dan ada yang juga melihat melalui teleskop khusus. (Tls)