Pesawat TNI AU Menabrak Gunung Lisuwa

Papua (wartasas.com) – TNI Angkatan Udara (AU) kembali berduka, pasalnya pesawat Hercules C-130HS milik TNI AU kembali mengalami kecelakaan dan terjatuh ketika sedang melakukan latihan di Gunung Lisuwa Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya Papua Irianjaya.

Akibat kecelakaan tersebut, dikabarkan seluruh awak dan penumpang pesawat Hercules C-130HS yang berjumlah 12 kru Angkatan Udara (AU) dengan nomor registrasi A-1334 diinformasikan tewas.

Pesawat Hercules C-130HS menurut informasi hendak terbang dari Wamena ke Timika pada Minggu, 18 Desember 2016. Dan seluruh awak penumpang merupakan anggota tetap Landasan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang.

Seperti yang disampaikan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono kepada media, bahwa telah terjadi lost contact pesawat Hercules milik TNI sekitar 2-3 NM (Nautical Mile) dari Wamena yang rencananya pesawat itu akan landing di RW 33.

“Ada kemungkinan pesawat tersebut jatuh di daerah Pungima atau Pasema, pada hari Minggu (18/12/2016) sekitar pukul 06.15 LT.” ungkap Soerjanto Tjahjono kepada media (18/12/2016).

Dari informasi yang didapat, sekitar pukul 07.30 WIT ada info dari masyarakat di daerah distrik Maima kampung Manimo kalau mereka mendengar suara ledakan di atas Gunung Lisuwa. Sehingga diputuskan untuk mengarah ke titik yang dimaksud untuk memastikannya sebagai awal pencarian lokasi jatuhnya pesawat tersebut.

“Beberapa anggota sudah kami standby kan disana meski tidak diminta oleh pihak militer,” jelas Soerjanto.

Tidak memerlukan waktu yang lama, lanjut Soerjonto, setelah kepastian kondisi jatuhnya pesawat itu diketemukan maka anggota juga ikut bergerak menuju TKP. Di lokasi dapat dilihat beberapa bagian fisik pesawat yang jatuh.

Untuk sementara, data lengkap terkait pesawat Hercules tersebut belum didapat. Saat ini baru memastikan kondisi pesawat yang jatuh oleh pihak terkait.

Informasi terakhir yang diperoleh bahwa 12 kru yang ada di dalam pesawat Hercules C-130HS semuanya merah (meninggal). (adi/Tls)

Add a Comment