IKA-PMII Desak Pemerintah Gelar Forum Konsultasi Publik

Gresik (wartasas.com) – IKA-PMII Gresik mendorong pemerintah baik DPRD maupun eksekutif untuk segera melakukan Forum Konsultasi Publik yg melibatkan stakeholder dan pihak2 yg terkena dampak terutama PKL. Menurut Zainuddin ketua PC IKA-PMII, “Selama ini pihak Pemkab Kabupaten Gresik, kurang sosialisasi, komunikasi dan koordinasi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat, penolakan oleh masyarakat tentu memiliki alasan kuat, akan tetapi selalu diabaikan sehingga legitimasi kebijakan pemerintah sangat lemah” ujar nya. (Gresik 16 juli 2017)

Masih menurut ketua PC IKAPMII Gresik bahwa Alasan faktor urgensi revitalisasi oleh pemerintah harus diuji publik, bisa saja ada bagian-bagian yg belum dipahami oleh masyarakat. Jika proses dialog dilakukan bukan tidak mungkin justu masyarakat akan mendukung. Sudah tidak waktunya menjalankan manajemen kebijakan publik tidak melibatkan publik. Daerah lain banyak mendapatkan dukungan penuh rakyat karena menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan yg partisipatif dan transparan.

Polemik rencana revitalisasi alun-alun Gresik saat ini harus segera disikapi oleh Pemetintah. Untuk itu, PC IKA-PMII Gresik dalam pers release nya meminta legislatif atau eksekutif segera berinisiatif menggelar dialog konsultasi publik terkait revitalisasi alun-alun, dimana objek pembangunanya adalah ruang terbuka publik yg tidak hanya memiliki basis culture melainkan juga dampak bagi para PKL dan masyarakat sekitar. (IMR)