4 Tewas Akibat Kecelakaan Beruntun di Pasuruan

Pasuruan (wartasas.com) – Akibat kecelakaan beruntun yang melibatkan delapan kendaraan roda empat dan tiga kendaraan roda dua di Jalan Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat kemarin, menelan korban meninggal 4 orang dan delapan korban luka luka. Diduga truk yang menabrak pertama kali mengalami rem blong.

Kendaraan yang mengalami kecelakaan adalah, dump truck bernomor polisi B 9870 YM, truk N 9039 UJ, Honda HRV nopol W 1877 S, Mitsubishi Outlander nopol N 476 BM, Inova nopol N 587 DR, sedan Suzuki nopol N 1476 LC, Nissan Evalia L 1979 ER, Kijang nopol N 956 HA, Vespa nopol AG 3532 HI, motor supra nopol N 2694 TAI, dan motor satria nopol N 4587 OO.

Informasi yang diperoleh dari Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Ibnu Isticha seperti dikutip Antara, bahwa kronologis kejadian berawal dari kendaraan Dump truk yang berjalan dari arah Malang dalam keadaan (rem) nge-blong.

“Dan, sesampai di TKP Sentul kontra mobil HRV dan kendaraan yang lain kemudian dump truck masuk ke sungai di daerah Advent,” Ucap Kombes Pol Ibnu, seperti dikutip Antara, Jumat (13/1/2017).

Sedangkan, menurut supir Dump Truk B 9870 YM, M Farikhul Anam (35) yang merupakan warga Jombang mengatakan, tidak menyangka bahwa truk yang dikemudikannya mengalami rem blong dan mengakibatkan tabrakan beruntun di Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, kemarin.

Menurut Anam, dirinya berangkat dari Kepanjen, dan mau ke Tuban, untuk mengirim limbah batu bara. Bahkan, ia tidak merasakan ada kerusakan atau gangguan pada remnya. Karena panik, rem tidak berfungsi, sedangkan kecepatan dump truknya semakin cepat karena jalanan menurun, supir dump truk memilih membanting setir ke kiri atau ke arah sungai, setelah beberapa kali menabrak mobil dan motor.

“Saya tidak tahu kalau remnya blong. Saya baru merasakan saat sampai di Bakpao Telo itu. Saya mau berhenti tapi remnya kok tidak berfungsi alias blong,” katanya dengan muka tertunduk.

Dibantu warga sekitar, petugas mengevakuasi korban ke Puskesmas Purwodadi, RSUD Bangil, dan RSSA Malang. Akibat kecelakaan tersebut, dilaporkan empat orang tewas dan delapan lainnya luka luka. Belum diketahui secara pasti apakah ada korban lain atas peristiwa maut itu.

Akibat kecelakaan tersebut, arus kendaraan dari Surabaya-Malang dan sebaliknya lumpuh total. (No/Tls)

Add a Comment