TPS Peduli Ajak Siswa YPAC Surabaya Bermain dan Belajar Bersama

Surabaya (wartasas.com) – Sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan terhadap masyarakat, Terminal Petikemas Surabaya (TPS) terus melakukan kegiatan kegiatan Aksi Sosial. Kali ini, relawan TPS melakukan aksi sosial berbagi kebahagian bersama Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Surabaya

Kegiatan yang dikemas dengan tema “TPS Mengajar” yang dilakukan pada Selasa, 18 Juni 2019 di kantor YPAC Surabaya diikuti 72 siswa/i YPAC dan 70 orang guru, pengurus yayasan, guru, terapis dan petugas dari sekolah, serta sukarelawan dan manajemen TPS.

Budi Satriyo Direktur Keuangan TPS, menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian TPS utamanya di dunia pendidikan, sekaligus merupakan bagian dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) TPS.

“Melalui kegiatan yang bertema TPS Mengajar selain kami ingin berbagai kebahagiaan kepada anak anak berkebutuhan khusus juga ingin berbagi ilmu. Karena, semua anak anak Indonesia berhak mendapatkan ilmu dan pendidikan yang baik. Termasuk anak anak berkebutuhan khusus,” ucap Budi disela sela kegiatan di YPAC Surabaya, Selasa, (18/06/19).

“Ini merupakan event pertama yang diselenggarakan TPS untuk mengajar anak-anak dengan kebutuhan khusus. Hal ini sejalan dengan program Kementerian BUMN tentang perekrutan pegawai berkebutuhan khusus. Pelindo III dan TPS juga mulai melakukan perekrutan untuk pegawai-pegawai difable, sehingga ini moment yang pas untuk mulai memperkenalkan tentang dunia kepelabuhanan kepada anak-anak berkebutuhan khusus,” imbuhnya.

Masih menurut Budi, diharapkan melalui kegiatan yang baik ini dapat memotivasi siswa/I untuk dapat berkarya. Karena, dibalik kekhususan mereka, tersimpan hal-hal luar biasa yang dapat memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia kelak.

“Semoga, kedepan kegiatan ini terus berlanjut, tidak hanya untuk sekolah-sekolah pada umumnya saja, tetapi juga untuk sekolah-sekolah luar biasa lainnya. Sehingga, pendidikan di Indonesia dapat lebih merata,” terangnya.

Seperti yang terlihat dari senyum bahagia salah satu siswa YPAC Surabaya duduk di atas kursi roda bernama Ryan. Tanpa takut Ryan dengan penuh keyakinan dan senyum cerianya mengikuti semua kegiatan yang diberikan oleh TPS.

Ditempat yang sama, Ketua Yayasan YPAC Surabaya, Wiwiek Teddy Ontoseno menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian TPS terhadap siswa/i YPAC. Menurtnya, ini merupakan ilmu pertama yang mereka dapatkan tentang kepelabuhanan. Anak anak nampak sangat antusias sekali mengikuti kelas ini.

Berkonsep TPS Mengajar, suasana aula sekolah disulap menjadi suasana pelabuhan, beberapa miniatur kapal, container, truk dan properti kepelabuhanan lainnya menghiasi ruangan tersebut. Anak-anak nampak excited ketika memasuki ruangan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, TPS hadir untuk memberikan materi kepelabuhanan yang dikemas dalam tampilan videografis agar lebih mudah ditangkap oleh anak-anak, serta mendatangkan langsung para pelaksana profesi pada industri kepelabuhanan seperti Pandu, Operator Rubber Tyred Gantry (RTG), Operator Container Crane (CC), Port Security dan petugas lainnya yang semuanya menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sebagai himbauan bahwa keselamatan adalah yang utama sehingga di Pelabuhan, kita wajib menggunakan APD seperti helm, rompi dan sepatu safety.

Tidak hanya itu, untuk lebih menghibur dan memancing antusiasme anak-anak, beberapa sukarelawan mengenakan kostum tokoh atau karakter yang berhubungan dengan laut, seperti Popeye, Bajak Laut, Nahkoda. Acara semakin terlihat meriah ketika para siswa/i YPAC ikut bernyayi bersama. (Tls)