Pertamina RU IV Cilacap Unit Pengolahan Minyak Terbesar di Indonesia

Cilacap (Wartasas.com) – Saat ini Pertamina memiliki 6 (enam) Refinery Unit (RU) di Indonesia diantaranya, RU II di Dumai Riau, RU III di Plaju Sumatra Selatan, RU IV di Cilacap, RU V di Balikpapan Kalimantan Timur, RU VI di Balongan Jawa Barat dan RU VII di Sorong Irian Jaya.

Dari semua RU tersebut, Pertamina RU IV Cilacap merupakan Unit Pengolahan Minyak terbesar dan sekaligus produksi Avtur tertinggi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Laode Syarifudin Mursali selaku Unit Manager Communication, Relation dan CSR, Pertamina RU IV Cilacap dalam kesempatan kunjungan Tim Pertamina MOR V bersama media Jawa Timur pada Senin, 15 Juli 2019.

Laode Syarifudin mengatakan bahwa, selama tahun 2018 RU IV Cilacap telah mengolah11 jenis Crude import dengan total volume sebesar 67,79 juta Barel. Crude Import terbesar adalah crude ALC dari Saudi Arabia dengan volume sebesar 35,67 juta Barel pertahun.

“Sedangkan, total Crude Domestik yang diolah tahun 2018 sebesar 39,38 juta barel. Crude Domestik terbesar yang diolah adalah Crude Banyu Urip dengan total volume sebesar 14,36 juta barel pertahun,” kata Laude saat memberikan paparan dihadapan para Tim Pertamina MOR V dan awak media, Senin, (15/07/19).

Dijelaskan juga, Pertamina RU IV Cilacap yang berlokasi di Jalan MT Haryono 77 Kabupaten Cilacap Jawa Tengah ini terus berupaya menjadi perusahaan energy nasional kelas dunia pada tahun 2025. Oleh karena itu, RU IV Cilacap senantiasa memberikan yang terbaik bagi perusahaan serta kontribusi nyata bagi kesejahteraan bangsa dan Negara.

Hingga saat ini, produk utama yang dihasilkan kilang Cilacap berupa produk BBM (Gasoline, Naphtha, Kerosine, Avtur, Solar, LSWR, Minyak Bakar (IFO), produk Liquid Gas (LPG dan Propylene), Produk Pelunas Dasar dan Turunannya (Base Oil, Parafinic Oil, Solvent Minerex, Asphalt, Slack Wax, Produk Aromatik (Paraxylene, Benzene, Toluene, Heavy Aromate) dan Liquid Sulfu.

Dikesempatan yang sama, Rustam Aji selaku Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V yang turut hadir mendampingi rekan media Jatim mengatakan bahwa kunjungan Tim Pertamina MOR V bersama media ingin berbagi ilmu dan informasi.

“Kami sengaja mengajak teman teman media untuk berkunjung ke Pertamina RU IV Cilacap agar mengetahui secara langsung proses pembuatan BBM yang dimiliki Pertamina. Sekaligus, sebagai ajang silaturahmi,” terang Rustam.

Pertamina MOR V berharap dengan kunjungan bersama para rekan media di RU IV Cilacap tersebut semakin mempererat hubungan kerjasama yang sudah terjalin baik selama ini. Sekaligus, dapat memberikan informasi yang lebih jelas dan akurat terkait proses pengolahan minyak mentah hingga menjadi bahan bakar. Sehingga, informasi tersebut dapat disampaikan ke masyarakat luas secara detail. (Tls)