Pertamina Bentuk Satgas Pemilu, Guna Pastikan Keamanan Stok dan Suplai BBM

Surabaya (wartasas.com) – Memastikan keamanan stok dan suplai BBM serta LPG, Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Legislatif (Pileg) yang ditetapkan pada 17 April 2019, PT Pertamina (Persero) telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pemilu sejak 18 Februari 2019 yang bekerja 24 jam yang juga untuk mendukung kelancaran Pemilu yang aman dan damai.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina MOR V Koeshartanto usai menggelar Apel Siaga Kesiapan Pengamanan Distribusi BBM dan LPG pada Kamis, 11 April 2019 di Terminal BBM Surabaya Group (Jawa Timur).

Koeshartanto mengatakan bahwa, Apel Siaga Serentak yang dilaksanakan PT Pertamina (Persero) untuk mengantisipasi adanya gangguan terhadap sarana dan fasilitas Pertamina dari mulai kegiatan hulu, produksi di Kilang dan distribusi kepada masyarakat, sehingga memastikan keamanan pasokan BBM dan LPG di seluruh wilayah Indonesia.

“Selain memastikan pasokan dan penyaluran BBM dan LPG, Pertamina telah berkoordinasi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk memastikan keamanan di seluruh sarana dan fasilitas operasi Pertamina yang merupakan Objek Vital Nasional,” ucap Koeshartanto.

“Kesiapan dan pasokan energi menjadi hal strategis yang harus tetap kita amankan. Pertamina akan didukung penuh penuh oleh Polri dan TNI,” tambahnya.

Satgas Pemilu, lanjut Koeshartanto, melibatkan Kantor Pusat, Unit Bisnis, Unit Operasi dan Anak Perusahaan di seluruh Indonesia. Satgas ini akan bekerja hingga akhir April 2019, untuk memastikan kebutuhan energi selama proses Pemilu hingga rekapitulasi penghitungan suara terpenuhi dengan baik.

“Kita sama sama harus memahami bahwa Pertamina adalah BUMN yang menjadi andalan negara, baik dalam menjaga ketahanan energi nasional maupun pendapatan negara, pajak dan sebagainya,” terangnya.

Terminal BBM Surabaya Group (Jawa Timur) ini melayani pasokan BBM ke seluruh Jatim. Meski cukup untuk 11 hari kedepan, namun pihaknya memastikan stok tetap aman setelah 11 hari. Pasalnya, supply BBM ke terminal juga terus dilakukan.

Sementara terkait konsumsi normal harian BBM jenis Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Solar, Dexlite serta Pertamina Dex berada pada kisaran volume 20.290 KL/hari. Saat Pemilu, konsumsi diprediksi akan mengalami kenaikan.

“Ini karena pada tanggal 17 April 2019 merupakan hari pencoblosan sekaligus hari libur nasional. Biasanya, ketika libur akan dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata,” ungkapnya.

Pertamina juga membuka layanan pengaduan dan informasi masyarakat yang dibuka 24 jam melalu Call Center Pertamina 135. Masyarakat yang membutuhkan informasi seputar produk-produk Pertamina seperti BBM, LPG dan Pelumas atau ingin melaporkan kondisi BBM dan LPG di satu wilayah bisa menghubungi nomor telepon 135. (Tls)