Penuhi Kebutuhan Akan Uang Kartal, BI Layani Penukaran Uang Di Rest Area Jalan Tol Jawa Timur

Surabaya (wartasas.com) – Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang kartal yang semakin meningkat, Bank Indonesia kembali memberikan pelayanan penukaran uang di ruas area jalan tol di Jawa Timur.

Pelayanan penukaran uang baru pada Minggu, 10 Juni 2018 di rest area jalan tol di Jawa Timur yang dilakukan Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur ini adalah kelanjutan dari layanan penukaran sebelumnya yang telah dilakukan oleh BI bekerjasama dengan perbankan di 12 rest area di 4 ruas jalan tol pada tanggal 8 Mei s.d. 7 Juni 2018 lalu.

Seperti yang disampaikan oleh Yudi Harymukti, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur bahwa, hal ini dilakukan karena memperhatikan kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal yang makin meningkat, maka Bank Indonesia mengadakan kembali layanan penukaran uang di ruas area jalan tol di Jawa Timur.

“Layanan tersebut kini tersedia di 3 ruas jalan tol, antara lain tol Surabaya-Gempol km 26, tol Surabaya-Mojokerto di exit tol Waru Gunung dan tol Surabaya-Jombang di rest area arah kembali ke Surabaya,” ucap Yudi saat mengunjungi penukaran uang baru di tol Surabaya-Gempol km 26 Minggu, (10/06/18).

“Sedangkan, untuk modal yang kami siapkan untuk masing-masing area penukaran tersebut adalah sebesar Rp 1 Miliar,” tambahnya.

“Dengan banyaknya layanan penukaran yang telah disiapkan, kami menghimbau masyarakat untuk dapat menukarkan uangnya di outlet resmi yang telah tersedia,” himbau Yudi kepada masyarakat.

BI juga menghimbau kepada masyarakat untuk memelihara uang dengan mengutamakan prinsip “5 Jangan : Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Diremas, Jangan Distapler dan Jangan Dibasahi”.

“Tak lupa juga, dalam bertransaksi masyarakat diminta untuk memperhatikan keaslian uang rupiah dengan menggunakan metode 3D (Dilihat – Diraba – Diterawang),” pesan Yudi.

Bank Indonesia juga menghimbau masyarakat untuk dapat menggunakan alat pembayaran non tunai. Karena, dengan alat pembayaran non tunai, transaksi dapat berjalan lebih aman, mudah dan efisien. (Tls)