Aplikasi BPOM Mobile Permudah Masyarakat dan Ritel Cek Kualitas Produk

Surabaya (wartasas.com) – Sukseskan program “Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja” melalui terobosan baru Aplikasi BPOM Mobile, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya bersama Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jawa Timur mengadakan sosialisasi.

Sosialisasi “Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja” pada Sabtu, 07 September 2019 di Bonnet Supermarket, Surabaya dihadiri Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya I Made Bagus Gerametta didampingi Ketua Aprindo Jatim April Wahyu Ridarti.

I Made Bagus mengatakan bahwa, sudah menjadi tanggung jawab Balai Besar POM untuk memastikan produk obat dan pangan yang beredar di masyarakat terstandar dan layak dikonsumsi guna meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Aplikasi BPOM Mobile ini merupakan salah satu terobosan baru guna memberikan kemudahan bagi masyarakat maupun para ritel untuk melakukan pengecekan kualitas suatu produk,” kata Made saat dijumpai di  Bonnet Supermarket, Surabaya, Sabtu, (07/09/19).

“Namun, sayangnya belum semua produk makanan dan minuman (mamin) yang beredar di pasaran mencantumkan QR Code pada kemasannya. Padahal, kode ini diperlukan bagi para pengguna BPOM Mobile untuk mengidentifikasi informasi keamanan produk yang akan dibeli. Oleh karena itu, BBPOM menggandeng Aprindo Jatim menyukseskan program ini,” sambungnya.

Dengan adanya aplikasi BPOM Mobile ini, lanjut Made, akan memudahkan masyarakat untuk cek produk melalui scan QR Code. Beberapa informasi yang tertera diantaranya nama dan jenis produk, produsen produk, izin edar, dan tanggal kedaluarsa.

“Cek Klik sendiri memiliki kepanjangan. Yaitu, Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluarsa. Untuk itu, kita bersinergi dengan pihak Aprindo untuk memberikan informasi kepada masyarakat akan kemudahan program Cek Klik. Dengan harapan, para produsen produk segera membuat QR Code disetiap produknya,” terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua Aprindo Jatim April Wahyu Widati mengaku mendukung program BBPOM tersebut. Karena, menurutnya, aplikasi BPOM Mobile permudah para riteler dalam menyortir barang yang masuk ke toko.

“Alhamdulilah, hampir semua ritel modern di Jawa Timur telah memakai aplikasi ini. Dan, kita upayakan semua ritel sudah memasang QR Code disemua produk yang dijual. Karena, aplikasi BPOM Mobile ini sangat membantu dalam pengawasan pada produk,” papar April.

Hal senada juga disampaikan Store Manager Bonet Supermarket Bambang Sumarsono bahwa, aplikasi BPOM Mobile ini sangat membantu bagi pihak Bonet sendiri. Terutama dalam hal, pengecekan masa kadaluarsa.

“Disamping itu, konsumen yang berbelanja tidak perlu was was lagi karena mereka bisa langsung mengcek kualitas produk yang akan dibeli. Program ini sangat bagus dan membantu. Kami akan terus mendukung dan mensosialisasikan kepada para konsumen,” ungkap Bambang.

BBPOM juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu melakukan “Cek KLIK” saat berbelanja. Dan, apabila diketahui ada produk yang kadaluarsa atau tidak memiliki ijin edar dihimabu segera laporkan ke BBPOM. (Tls)