Wujudkan Generasi Milenial, UIN Sunan Ampel Surabaya Gelar “Jatim English Competition 2018”

Surabaya (wartasas.com) – Dalam rangka menciptakan generasi muda yang berpotensi dan berprestasi terutama dibidang bahasa asing, Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (HMP PBI) UIN Sunan Ampel Surabaya kembali menyelenggarakan olimpiade “Jatim English Competition 2018”.

Olimpiade Jatim English Competition 2018 bertemakan “The Ardor of Indonesia: Revitalizing Nationalism within Young Generation” yang diselenggarakan pada Sabtu, 22 September 2018 di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya diikuti seluruh pelajar tingkat SMP/SMA sederajat dan Universitas di Jawa Timur.

Seperti yang disampaikan oleh Kurnia Firdaus, selaku Ketua Panitia JEC 2018 bahwa, olimpiade Jatim English Competition 2018 yang diselenggarakan oleh HMP PBI UIN Sunan Ampel Surabaya ini bertujuan untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris siswa melalui berbagai lomba seperti, EO, ST, SC, dan essay.

“Disini siswa juga diajak untuk menguasai bahasa tanpa melupakan budaya melalui berbagai tema perlombaan yang hampir setiap tahun berkaitan dengan budaya dan Indonesia. Serta, mengajaka seluruh generasi bangsa Indonesia khususnya di wilayah Jatim untuk bisa menjadi generasi hebat di jaman milenial sekarang ini,” kata Kurnia saat ditemui disela sela kompetisi di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, Sabtu, (22/09/18).

“Kami sangat bangga, ternyata antusias pelajar baik dari tingkat SMP, SMA dan mahasiswa sangat tinggi untuk mengikuti kompetisi ini. Dan, mereka semua para peserta berbagai kota di Jatim menunjukkan keahlian yang hebat dalam berbahasa asing,” tambahnya.

Dalam kompetisi ini memperlombakan 5 perlombaan yaitu, English Olympiad tingkat SMA/MA, English Olympiad tingkat SMP/MTS, Story Telling (SMP), Speech Contest (SMA), dan Essay Competition (mahasiswa).

Sebelumnya, peserta English Olympiad telah melakukan babak penyisihan di sebelas rayon di Jawa Timur seperti, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Pasuruan, Jember, Bojonegoro, Madiun, Bangkalan, Pamekasan, Lamongan, dan Mojokerto.

“Kompetisi berbahasa Inggris seperti ini diharapakan dapat memotivasi pelajar untuk merasa tertantang dalam memperluas pengetahuan bahasa Inggris mereka dan juga dapat menjalin hubungan baik antar pelajar dan mahasiswa se Jawa Timur,” terangnya.

Sedangkan, untuk para pemenang akan memperoleh hadiah dan piagam beasiswa dari Primagama serta uang tunai jutaan rupiah.

Untuk juara 1 kategori English Olympiad tingkat SMP/MTS diraih oleh Nashwan Rasyid dari SMP AL HIKMAH SURABAYA, Kategori English Olympiad tingkat SMA/MA diraih RR Kunti Dewi A, kategori Story Telling (SMP), diraih Tatiltha Shahiza SMP Muhammadiyah 12 GKB, kategori Speech Contest (SMA), diraih Nicholas Nathan dari  SMAK Santo Paulus Jember dan kategori Essay Competition (mahasiswa) diraih Rachmad Ananto dari ITS Surabaya. (Tls)